PELAYANAN PEREKAMAN KTP ELEKTRONIK (KTP-el)

DI SEKOLAH – SEKOLAH

Kadis Dukcapil KSB Ibrahim.S.Sos.MM bersama Sekdis Ferial. SKM.A.Md.Keb berpose dengan siswa-siswa MSA 1 Taliwang dalam kegiatan Pelayanan Keliling.

Data kependudukan mutlak dibutuhkan untuk melengkapi sarana perencanaan pembangunan di segala bidang misalnya pada  perencanaan pembangunan suatu daerah maka salah satunya factor pendukung adalah jumlah penduduk, suatu Negara didirikan salah satu syarat adalah jumlah penduduk, untuk pemekaran suatu daerah juga dibutuhkan indicator jumlah penduduk. Penyusunan anggaran pembangunan daerah juga ditintukan besarnya jumla penduduk, pada pembangunan demokrasi juga ditentukan oleh jumlah penduduk. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kabupaten Sumbawa Barat  Ibrahim, S.Sos.MM menyampaikan hal tersebut dihadapan para siswa-siswi SMA Negeri 1 Taliwang beberapa waktu yang lalu            didampingi oleh Kepala Sekolah dan jajaran staf administrasi serta guru.  Ibrahim.S.Sos.MM menjelaskan secara detail fungsi dan manfaat dokumen dan data kependudukan dikarenakan siswa-siswi SMA sebagai generasi muda dan generasi penerus pemimpin bangsa harus mendapatkan gambaran yang gamblang dan jelas. Dikatakan bahwa pada umumnya di masyarakat wajib KTP-el berada di bangku SMA sekaligus sebagai pemilih pemula. Oleh karenanya Dinas Dukcapil sebagai dinas diberikan kewenangan berkewajiban selalu melayani dan melakukan pendataan dengan berbagai inovasi untuk memenuhi pemutahiran data penduduk. Dianrata inovasi tersebut adalah dengan pelayanan keliling Sekolah, Desa/Kelurahan, Pelayanan terintegrasi, pelayana online berbasis website dan lain-lain. Dibagian lain dikatakan bahwa berkenaan dengan persiapan Pemilu Legislatif , Pilpres, Pilkada serentak pada tahun 2019 peeanan data kependudukan sangatlah diperlukan. Untuk memenuhi hal tersebut Pemerintah melalui Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian

Petugas operator melakukan perekaman KTP-el

Dalam Negeri melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi dan Kabupaten/Kota sedang gencarnya melakukan validasi data Penduduk oleh karena itu kita semua diharapkan memberikan dukungan dan pro aktif mengurus dokumen kependudukan dan melaporkan peristiwa kependudukan.

Kepala Sekolah SMA 1 Taliwang mengucapkan terima kasih kepada Dinas Dukcapil  KSB atas perhatiannya  hadir melakukan pelayanan di Sekolah sehingga para siswanya tidak terganggu dengan kurikulum pelajarannya dan yang lebih penting lagi mendapat pencerahan terkait betapa pentingnya dokumen kependudukan sehingga dapat di tularkan kepada anggota keluarganya setelah di lingkungan rumah dan sekelilingnya.

Pelayanan Keliling tersebut berlangsung sehari dan menurut petugas telah dijadwalkan untuk pelayanan keliling di sekolah-sekolah SMA, MA dan MI se kabupaten Sumbawa Barat.  –Arn. 7