Dalam rangkah percepatan perekaman KTP el dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Disdukcapil Kabupaten Sumbawa Barat melaksanakan kegiatan jemput bola perkaman KTP el (kamis, 30 Jannuari 2019) di lembaga permasyarakatan (Lapas) Sumbawa, petugas dari Disdukcapil Kabupaten Sumbawa Barat mengunjungi sel-sel tahanan warga Sumbawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut tim dari Dinas Dukcapil Kabupaten Sumbawa barat yang langsung di pimpin oleh Kepala Dinas Dukcapil Ibrahim, S.Sos.,MM disambut oleh kepala Lapas klas I Sumbawa

Dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas partisipasi dan ininsiatip Dinas Dukcapil Kabupaten Sumbawa Barat yang telah melakukan jemput bola pendataan para Napi warga KSB, dikatakan bahwa mereka juga berhak untuk dicatat sebagai warga negara indonesia dengan mendapatkan dokumen kependudukan, sehingga dapat menerima hak-haknya sebagaimana aturan dan perundangan yang berlaku.

Sementara itu Ibrahim. S.Sos., MM mengatakan bahwa kehadiran Tim Dinas Dukcapil¬† merupakan kewajiban untuk melayani masyarakatnya walaupun mereka berada di lembaga permasyarakatan tetap menjadi tangung jawabnya dalam hal itu merupakan imflementasi undang-undang: No. 23 tahun… tentang Kependudukan dan Pencatatan Sipil dimana diantaranya mengatakan Negara harus hadir memberikan pelayanan hingga rumah ke rumah.

Dikatakan pula bahwa kegiatan tersebut guna menjaring warga KSB agar tercatat dan memiliki dokumen kependudukan untuk mendukung suksesnya pemilu serentak 2019 sehingga para napi yang mempunyai hak pilih dapat turut memberikan hak suara. Kegiatan jemput bola bagi narapidana baru kali ini dilaksanakan oleh Disdukcapil Kabupaten Sumbawa Barat hal ini dilakukan guna meningkatkan cakupan perekaman KTP el. Ibrahim.S.Sos., MM menghimbau kepada komponen masyarakat agar segera kekantor Dinas Dukcapil KSB agar dapat dilayani sesuai dengan dokumen mana yang akan diurus, demikian pula kepada aparat desa dan masyarakat itu sendiri di minta bisa aktif melaporkan kepada Disdukcapil jika ada warganya yang belum perekaman KTP el. Dinas Dukcapil berencana kedepan dengan program jemput bola sehingga masyarakat tidak usah datang ke Dukcapil, kami Disdukcapil Kabupaten Sumbawa Barat akan datang hinga pintu-pintu penduduk untuk melayani masyarakat. Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa Barat (IBRAHIM, S.Sos.,MM)