IBRAHIM-S.Sos_.MM-Kepala-Dinas-Kependudukan-Dan-Pencatatan-Sipil-Kabupaten-Sumbawa-Barat

Dalam rangka membangun komunikasi yang lebih inten terhadap stek holder kependudukan dalam hal ini kelembagaan terkait. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab Sumbawa Barat rabu, 26mJuni 2019 membuka kegiatan “Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Kelembagaan” bertempat di aula pertemuan IFA hotel Taliwang.

Kegiatan tersebut yang melibatkan kelembagaan terkait kependudukan di wilayah Kab. Sumbawa Barat dan tokoh masyarakat lainnya dengan antusias mengikuti sosialisasi hingga berakhirnya acara yang berlangsung satu hari penuh

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Sumbawa Barat Ibrahim S.Sos., MM mengatakan peran serta kelembagaan selama ini cukup baik dan terkoordinasi sesuai dengan kapasitasnya masing-masing terutama dalam kiprahnya membantu pemerintah turut mengerakan dan menginformasikan pentingnya memiliki dokumen kependudukan. Namun sejalan dengan perkembangan ilmu dan tehnologi saat ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Sumbawa Barat selalu melakukan inovasi-inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam kepemilikan dokumen kependudukan sehingga dapat memberikan dampak kesejahteraan  dan kebahagian di masyarakat

Bukti inovasi yang terkini adalah adanya pelayanan Online melalui¬† Web site ” dukcapil.sumbawabaratkab.go.id dan tanda tangan elektronik”. Hal tersebut merupakan implementasi dari program Nasional Kementrian Dalam Negeri pada Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil yaitu program GO DIGITAL dan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) Selain dari pada itu “Demikian Ibrahim S.Sos.,MM mengatakan” kapasitas kelembagaan tersebut diberikan penting untuk mengakses data kependudukan. Namun untuk pengelolaan Data Kependudukan OPD/ lembaga hukum mengajukan permohonan hak akses kepada Bupati sebagaimana di atas dalam permendagri No. 61 tahun 2015 tentang persyaratan, ruang lingkup dan tata cara pemberian hak akses serta pemanfaatan NIk, Data kependudukan dan KTP-el.