Kepala Dinas Dukcapil KSB

Pimpin Tim Program Pelayanan Keliling Dinas Dukcapil

MA Negeri  Taliwang sebagai sasaran pertama

Mengingat pentingnya data kependudukan diperlukan oleh Negara maka dengan gencarnya pepemrintah melalui Dirjen Kependudukan dan Capil dan Dinas Dukcapil propinsi maupun daerah senantiasa melakukan langkah-langkah agar data kependudukan dapat terkaper secara maksimal. Perkembangan penduduk memang  bersifat fluktuatif dalam arti naik turun jumlahnya akibat kondisi penduduk itu sendiri karena sebab, kelahiran, kematian, pindah dan dating sehinngga banyak program untuk memberikan kasadaran kepada penduduk agar mengurus dokumen kendudukannya melalui berbagai cara diantaranyapelayanan keliling,Online sosialisasi dan lain-lain.
Demikian itu disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Kab. Sumbawa Barat pada program pelayanan keliling dirangkaikan dengan kegiatan sosialisasi sekaligus pelayanan administrsi kependudukan di MA Negeri  Taliwang. Disampaikan bahwa keberadaan wajib KTP-el di sekolah-sekolah cukup besar jumlahnya pada setiap bulannya karena memang wajib KTP-el bertambah sejalan dengan perkembangan usia siswa-siswi di setiap sekolah. Hal ini perlu selalu dipantau dan dilayani untuk memenuhi realitas data kependudukan yang terus berkembang sehingga data penduduk dapat dimanfaatkan secara riel dan valid.
Terdapat tiga hal penting peristiwa kependudukan yang mempengaruhi jumlah penduduk yang merupakan dinamika kependudukan yang menjadi factor penyebabnya diantaranya:
  1. Setiap peristiwa kelahiran terlaporkan dan tercatat
  2. Setiap peristiwa kematian terlaporkan dan tercatat
  3. Setiap migrasi (pindah, dan pindah datang) penduduk terlaporkan dan tercatat.
Jika 3 (tiga) hal tersebut diatas rutin setiap peristiwa kependudukan terlaporkan dan tercatat oleh instansi pemerintah/Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, maka harapan pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dapat terwujud untuk mendapatkan data penduduk yang sebenarnya.
Kepala MA Negeri  Taliwang, mengajak para siswa-siswinya untuk turut mendukung program Dinas Dukcapil dan selalu memperhatikan dokumen kependudukan  karena memang sangat penting untuk keperluan administrasi segala urusan serta diharapkan  agar menyampaikan informasi ini kepada anggota keluarganya.
Dibagian lain Kadis Dukcapil meminta agar  kita semua dapat mewujudkan Administrasi Kependudukan yang tertib, valid, akurat, dan dinamis guna tercapainya pembangunan pemerintahan yang tepat dan akuntabel demi kemajuan nusa dan bangsa terlebih khusus pembangunan di kabupaten Sumbawa barat yang kita cintai..  –Hly   1