Assalamualaikum warrahmatulahi wabarakatuh
Selamat pagi Rekan2 Dukcapil Seluruh Indonesia

Untuk mengurangi resiko penularan Covid19, maka kita perlu melakukan SOCIAL DISTANCING MEASURES atau menjaga jarak kontak fisik dg yg lain. Untuk itu ada beberapa hal perlu kita perhatikan dengan seksama yaitu:

1. Kita kurangi acara pertemuan, rapat dll yg menyebabkan terjadinya kontak fisik.

2. Kepala Dinas saya silahkan mengatur agar stafnya boleh tidak harus masuk kantor. Pimpinan (pejabat eselon) tetap masuk namun mengurangi rapat dan menjaga jarak. Tidak perlu salaman tangan cukup salam Namaste saja. Komunikasi silahkan gunakan smartphone. Ini tidak berarti libur, tetapi bekerja dg jaga jarak.

3. Bersihkan ruangan2 dan tempat publik dg desinfektan sesuai kebutuhan.

4. Upayakan pelayanan thd publik tetap berlangsung baik. Untuk itu utamakan layanan online, permohonan dikirim online dan dokumennya dikirim online dgn pdf dan penduduk bisa mencetak dirumah. Aplikasi dukcapil yang mencetak dokumen dengar kertas hvs A4 80 gram dapat digunakan. Kepala dinas saya persilahkan mengatur sesuai kondisi setempat. Prinsipnya dihindari pengumpulan/berkerumunnya orang.

5. Khusus layanan KTP el karena ada kontak fisik secara langsung, layanan 2 sd 3 pekan ke depan dapat DITUNDA. Kecuali untuk hal yang sangat urgen layanan dapat diberikan. Untuk itu setelah digunakan perekaman maks harus ada perlakuan KHUSUS kpd petugas, alat dan pemohon. Alat utk di desinfektan secara rutin, petugas rutin dan sering mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer, juga pemohon.

6. Diupayakan ada thermal gun untuk mengukur suhu tubuh dipintu masuk kantor.

7. Kepala dinas dapat membuat pengumuman agar masyarakat yang tidak sangat urgen, agar dapat menunda pengurusan dokumennya. Yang urgen tetap dilayani. Misalnya utk sekolah, bpjs/rs.

Terimakasih dan untuk dipedomani. Wassalam wrwb

Salam hormat

Dirjen Dukcapil